http://www.beatus-dj.com/wp-content/themes/revelation/assets/about.jpg
Ada banyak orang yang salah kaprah antara DJ dan producer. DJ (singkatan dari Disc Jockey) adalah istilah untuk orang yang mengoperasikan music dan menyuguhkannya kepada audience, entah itu di radio atau secara live, entah itu bikinan sendiri atau orang lain. Tugas Utama DJ adalah mengoperasikan lagu, menyuguhkan lagu secara terus menerus dan menjaga crowd sebisa mungkin tidak bubar. Itulah kenapa transisi antar lagu harus sehalus atau semenarik mungkin agar mood pendengar tidak bosan. Disisi lain, Producer adalah mereka yang memproduksi lagu.
Dewasa ini dua definisi ini sering rancu di masyarakat mengingat berubahnya dinamika industri musik elektronik. Ada banyak DJ yang mulai membuat lagu sendiri sebagai produser, dan ada juga produser yang membuat lagu yang diminati banyak orang dan kemudian ‘terpaksa’ menjadi DJ.
Sekarang ini, hampir semua DJ terkenal adalah producer yang membuat lagu, dan itulah kenapa dewasa ini sebutan DJ tidak lagi digunakan untuk Skrillex, Deadmau5, David Guetta, Rusko, Calvin Harris, Tiesto, dll karena posisi mereka lebih sebagai Producer daripada DJ. Jika tujuan anda ingin membuat lagu, maka pelajarilah cara membuat lagu dengan software DAW (Digital Audio Workstasion) semacam FL studio, Ableton, reaper, logic, pro tools, renoise, garage band, dan lain sebagainya