http://www.beatus-dj.com/wp-content/themes/revelation/assets/DJ-SERVICE11-600x250w.jpg

Dalam pengertiannya, aksi memlih dan memainkan rekaman suara uuntuk para pendengarnya merupakan hal yang sama untuk para DJ. Musik yang dipilihnya, Media yang di pakai, dan juga tingka kesempurnaan dalam memnipulasi suara merupakan faktor yang membuat tipe DJ berbeda-beda. Berikut ini saya akan jelaskan tentang berbagai jenis DJ.

1. DJ Radio

Seorang DJ radio merupakan seorang yang memilih dan memainkan musik dan kemudian dipancarluaskan melalui glombang radio. DJ radio yang terkenal adalah Christopher Stone (1882-1965), menjadi DJ pertama di The United Kingdom pada tahun 1927. Martin Blick (1901-1967), merupakan DJ pertama yang menjadi bintang, menginspirasikan istilah “ Disco Jockey”. Alan Freed (1922-1965), merupakn DJ pertama yang memperkenalkan musik Rhythm dab Blues bangsa Afrika – Amerika, di Amerika Serikat dan Eropa di bawah nama Rock n Roll. Murray “The K” Kaufman (1922-1982), DJ rock n roll berpengaruh pertama kalinya dibayar sebagai the “Fifth Beatle”. Rog Martin (lahir pada tahun 1941), merupakan DJ pertama yang memutar hit-hit Top 40 di Stereo pada tahun 1968. Sebuah stasiun radio di Los Angeles menjadi buktinya. Jimmy Savile (lahir pada tahun 1926), sangat terkenal dalam acara televisi BBC bernama Jim’ll Fix it yang mengabulkan permintaan penggemarnya yang kebanyakan anak-anak.

Pada tahun 1947 dia menjadi seorang DJ pertama yang menggunakan Turntable kembar untuk memutar kontinyu setelah dia membayar seorang pekerja logam setempat untuk mengelas dua deck rekaman menjadi satu. Dick Clark, seorang entertainer, lahir pada tahun 1929, pembawa acara pada American Bandstand, acara musik di tv denga masa tayang yang sangat lama, dikenal baik sebagai salah satu yang menyatukan acara radio secara nasional. Casey Kasem lahir tahun 1932, merupakan seorang DJ dan ahli sejarah, pemabawa acara radio terlama yaitu TOP 40. Juga muerupakan pengisi suara shaggy di serial kartun Scooby – Doo Xolfman Jack  (1938-1995), keluar dari kecintaannya pada filem horor dan rock n roll untuk menciptakan suara aneh, yang sangat disukai, salah satunya yaitu suara radio yang di senagi. Dan masih banyak lagi para DJ DJ terdahulu.

2. DJ Club

Seorang DJ club merupakan seorang DJ yang memilih dan memainkan musik dalam sebuah club. DJ club bermacam-macam dari mulai DJ club kecil, disko, pesta tetangga, disko, atau acara dalam stadion. DJ-DJ Klub yang terkenal David Mancuso (lahir pada tahun 1944), penggagas dari pesta bawah tanah New York City pertama dengan nama The Loft. Francis Grasso (1948-2001), memperkenalkan beberapa teknik DJ terbaru, termasuk beatmatching dan slip-cueing. Larry Levan (1954-1992), seorang prolific re-mixer dan DJ di The Paradise Garage Frankie Knuckles (lahir pada tahun 1955), bapak dari house music. Paul Oakenfold (born 1963), produser rekaman inggris,remixer,dan salah satu DJ yang terkemuka didunia,dinobatkan menjadi megabintang DJ Tiesto (Lahir pada tahun 1969), salah seorang DJ aliran “musik trance”, dipilih oleh majalah DJ Magazine’s sebagai DJ nomer satu untuk tahun 2004 Keoki (lahir pada tahun 1969), seorang musisi musik techno terkenal, difilmkan dalam film Party Monster pada tahun 2003.

3. DJ Hip-Hop

Seorang DJ Hip hop merupakan seseorang yang memilih, memainkan dan menciptakan musik dan juga sebagai seorang artis hip hop dan atau juga pembawa acara,biasanya membantu satu atau lebih MCs. DJ-DJ Hip Hop terkenal DJ Kool Herc (lahir pada tahun 1955), penemu daripada teknik breakbeat,adalah “the father of hip hop culture”, bapak dari budaya hip hop.

Grandmaster Flash (lahir pada tahun 1958), salah seorang pioner terbaru pada hip-hop DJing, cutting, and scratching.Menciptakan teknik Quick Mix dimana mengijinkan seorang DJ, memperpanjang sebuah “break” menggunakan dua kopi rekaman yang sama;dimana sangat esensial dengan ditemukannya turntablism modern Afrika Bambaataa (born 1960), instrumental dalam perkembangan hip hop dari sejak lahir di Bronx selatan sampai sukses di kancah internasional.Menciptakan track hip hop pertama dengan dilengkapi synthesizers; “The godfather of Hip Hop”.

Jam Master Jay (1965-2002), pendiri dan DJ dari Run-DMC, salah satu grup hip hop paling inovatif dari masa ke masa. Eric B. (born 1965), setengah dari duo Eric B. & Rakim, mempopulerkan sampel funky hip hop James Brown di akhir 1980-an. Terminator X (born 1966), DJ dari grup hip hop paling berpengaruh yaitu Public Enemy. DJ Qbert (lahir pada tahun 1969),anggota pendiri dari grup turntablism, adalah seorang Invisibl Skratch Piklz dan pemenang tiga kali International DMC Award. Mix Master Mike (lahir pada tahun 1970), DJ yang terampil dari grup Beastie Boys, pemenang tiga kali dari International DMC Turntablism Award. DJ Jazzy Jeff (lahir pada tahun 1965), adalah DJ Jazzy Jeff and the Fresh Prince (yang juga membantu Will Smith dalam usaha solo karirnya