Disc jockey (DJ) adalah seseorang yang memainkan atau melakukan mixing music untuk audience secara terus-menerus.

Berikut ini kami akan jelaskan tentang istilah-istilah dalam DJ.

BPM

BPM singkatan dari Beat Per Minute merupakan kecepatan pada sebuah lagu dengan cara menghitung sebuah beat/clap dalam satuan menit,  biasanya ditandai dengan angka 130BPM dan seterusnya. Setiap lagu mempunyai BPM yang berbeda-beda, contohnya Electro House : 129BPM – 133BPM. BMP bisa di hitung manual atau menggunaka alat yang di sebut BMP Counter. Namun dijaman moderen seperti sekarang BPM bisa kita lihat di Mixer ( Pioneer DJM-600) dan juga CDJ (PioneernCDJ-800/1000/1000MK2).

Pitch Control 

Slider ( biasanya berbentuk vertikal) yang (mengatur tempo musik-> SPEED HUNTING). Dan menyamakan BPM kedua lagu tersebut dengan Pitch Control, biasanya di turntable technics itu -08 – +8, ini merupakan bagian terpenting yang ada di CDJ / Turntable karena ketika seorang DJ sedang melakukan Mixing  maka pitch control ini memegang kendali utama untuk hasil mixing tersebut, apabila BPM nya tidak match makan mixing nya tidak akan nyambung.

Cross Fader 

Slider ( biasanya horizontal) yang mengatur channel yang mana yang ingin dikeluarin suaranya. Cross Fader juga sering digunakan untuk mengganti teknik volume pada mixing kedua lagu, Cross Fader menjadi amat penting ketika seorang DJ melakukan scratcing. Karena setiap DJ dalam melakukan scratch tidak seluruhnya menggunakan piringan hitam melainkan dipotong-potong dengan Cross Fader ini.

Loop

Beat / bagian lagu yang sengaja di ulang. Looop juga bissa digunakan seorang DJ saat lagu berada pada posisi floating atau melodic, juga digunakan pada saat seorang DJ pada saat kehabisan waktu untuk Speed Hunting.

Effect

Effect biasanya seperti Flangger, Reverb, Echo, dan lain-lain.
Effect biasa digunakan untuk memotong sebuah lagu, dan juga dapat digunakan sebagai penambahan enviroinment pada sebuah lagu pda saat floating.
Effect biasanya terdapat di Mixer / CDJ, pada virtual DJ seperti Traktor DJ3.

Teknik Volume 

Ini merupakan bagian kedua yang terpenting bagi DJ yang mampu menguasai Speed Hunting. Teknik volume ini tak bisa dipelajari hanya dengan satu kali, untuk menguasainya kita harus sering dilatih sehingga kita pun menjadi peka. Teknik Volume dibagi menjadi dua yaitu :

1. ( GAIN di MIXER buatan jepang) dan TRIM (di MIXER buatan amerika dan eropa)  GAIN / TRIM tersebut, fungsinys untuk menjaga suara lagu yang diputar dengan yang kita hunting sama.

2. Equalizer
apabila pioner ada 3 yaitu : Trebel, Mid, Bass
kalau di Allen & Healt ada 4 yaitu : Trebel, Mid High, Mid Low, Bass
Kegunaan antara yang 3 dengan 4 tidak jauh berbeda, karena teknik folume yaitu cara mengganti kedudukn Treble, Mid dan bass pada waktu yang pas dan tidak sembarangan. Biasanya di outro pada lagu yang sedang di mainkan dan intro pada lagu yang mau kita msukan menggantikan lagu sebelumnya.

Bar

Bar merupakn hitungan sebuah lagu dalam satu hitungan, Bar selalu diawali dengan beat. jadi cara menghitung bar adalah dimulai dengan beat pertama perhatikan setelah beat ke 8 ada suara tambahan seperti duk2x ces.
SATU BAR ada 8 beat dan 8 Clap dan alangkah baiknya kalau kita hitung Beat
karena biasanya lagu jaman sekarang intronya diawali beat. DD.